Monday 22 October 2018

Filled Under:

Lulusan ITB Mudah Dapat Kerja? Siapa Bilang?

Sebagai seorang lulusan ITB, saya berani bilang lulusan ITB itu belum tentu mudah dapat kerja. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya melihat banyak juga teman-teman ITB saya yang kesulitan mencari pekerjaan. Kenapa?

Jurusan yang sepi lowongan kerja

Ada banyak jurusan di ITB, dan tidak semua jurusan yang ada di ITB itu memiliki prospek yang "baik". Maksudnya ada juga jurusan-jurusan yang nanti lulusannya akan kesulitan mencari kerja karena tidak banyak lowongan kerja yang tersedia.

Terlalu pemilih

Banyak juga para lulusan ITB ini terlalu pemilih dalam hal mencari kerja. Mereka hanya ingin mendapatkan pekerjaan ditempat yang memiliki reputasi yang besar saja, dan juga hanya ingin digaji besar saja. Padahal sebagai seorang yang baru lulus atau fresh graduate, kita seharusnya bersedia menerima kerja di tempat yang biasa-biasa saja. Tanpa pengalaman, seorang lulusan ITB tidak begitu jauh berbeda dengan lulusan-lulusan universitas lainnya.


Kurang memiliki pengalaman yang praktikal

Semasa kuliah, banyak juga mahasiswa ITB yang "kupu-kupu", kuliah pulang kuliah pulang. Mereka tidak peduli dengan pengalaman lain selain kuliah. Padahal di dunia kerja, mereka akan lebih mengutamakan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pengalaman kerja, salah satu caranya adalah dengan mengambil pekerjaan parttime sesuai bidang di jurusan kamu. Contohnya saya sendiri, waktu itu di tingkat akhir saya sibuk mengambil proyek, dan juga saya kerja sebagai pekerja parttime di sebuah perusahaan. Alhasil bahkan sebelum lulus kuliah, saya sudah mendapatkan kontrak kerja sebagai pekerja full time di luar negeri.

Oleh karena itu, apabila kamu berniat untuk kuliah di ITB dengan alasan lebih mudah dapat kerja, hal tersebut bisa saya bilang tidaklah sepenuhnya benar. Memang nama almamater ITB itu akan membantumu supaya dilirik oleh HRD. Tapi apabila kamu salah jurusan, terlalu pemilih, atau bahkan kamu hanya seorang kupu-kupu, bisa jadi kamu mungkin saja akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.

0 comments:

Post a Comment